Mengembangkan Mata Pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) di Sekolah Dasar dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran
AGUSTINA SARIWAHYUNI, S. Pd
NIM. 8106142003
BAB I
Pendahuluan
Pendidikan di tingkat Sekolah Dasar memegang peranan penting untuk menentukan keberhasilan dunia pendidikan di tanah air, karena pendidikan di tingkat satuan pendidikan Sekolah Dasar merupakanfondamen / dasar dari pendidikan itu sendiri. Hal ini dapat dianalogikan dengan sebuah bangunan yang fondasinya tidak kuat, kemudian bangunan tersebut dibangun bertingkat pula, tentu saja bangunan tersebut tidak akan kuat menopang bebannya tersebut dan akhirnya bangunan tersebut akan runtuh. Tentu saja tidak demikian halnya, kita harapkan terjadi pada dunia pendidikan kita.
Upaya pencegahan yang handal untuk mengatasi masalah tersebut adalah membenahi sejak dini pendidikan di tanah air kita, yakni dari tingkat dasarnya yakni tingkat Sekolah Dasar. Adapun konsentrasi yang akan dibahas dalam makalah ini adalah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di tingkat Sekolah Dasar.
Salah satu cara mengembangkan Ilmu Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Alam di tingkat Sekolah Dasar ialah dengan pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai media, ada baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu, defenisi dari kata media tersebut. Media berasal dari bahasa latin (bentuk jamak dari kata medium) yang berarti perantara atau pengantar.
Beberapa pengertian media menurut para ahli, yaitu:
- Segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk belajar (Miarso, 1989)
- Teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran (Schram, 1977)
- Sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual, termasuk perangkat kerasnya (NEA, 1969)
- Alat untuk memberikan perangsang bagi siswa supaya terjadi proses belajar (Briggs, 1970)
- Berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang untuk belajar (Gagne, 1970)
- Alat saluran komunikasi (Heinich, 1993)
Media pembelajaran selalu terdiri atas 2 (dua) unsur penting, untuk penting, yaitu unsur peralatan atau perangkat keras (hardware) dan unsur pesan ayng dibawanya (message / software). Dengan demikian perlu diperhatikan, media pembelajaran memerlukan peralatan untuk menyajikan pesan, namun yang terpenting bukanlah peralatan tersebut, namun pesan / informasi belajar yang dibawakan oleh media tersebut.
Media pembelajaran merupakan wadah dari pesan, materi yang ingin disampaikan adalah proses pembelajaran, dan tujuan yang ingin disampaikan adalah pesan pembelajaran. Penggunaan media secara kreatif akan memperbesar kemungkinan siswa belajar lebih banyak, menyimak apa yang dipelajarinya lebih baik, dan meningkatkan keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Media merupakan alat bantu yang dipergunakan guru yang dipergunakan guru untuk menerangkan pembelajaran, mendorong motivasi belajar, memperjelas dan mempermudah konsep yang abstrak, dan mempertinggi daya serap / retensi dalam belajar.
Media merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran. Melalui media proses pembelajaran bisa lebih menarik dan menyenangkan (joyfull learning). Misalnya siswa yang memiliki ketertarikan terhadap warna maka dapat diberikan media dengan warna yang menarik. Siswa yang suka berkreasi terhadap bentuk atau objek yang diinginkannya, maka dapat diberikan media seperti lilin mainan, balok bangun ruang, atau media gambar lengkap dengan catnya. Dengan media berteknologi seperti komputer, sangat membantu siswa dalam belajar seperti belajar berhitung, belajar membaca, dan memperkaya pengetahuan. (Susilana, R, dan Riyana. C, 2007:24)
Dengan demikian diharapkan dengan pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di tingkat satuan pendidikan Sekolah Dasar, merangsang minat siswa agar lebih tertarik dalam mempelajari IPA sehingga pembelajaran IPA menjadi lebih bermakna dan ilmunya akan tahan lama dalam ingatan siswa dan mengendap secara permanen sehingga hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di tingkat Sekolah Dasar dapat meningkat secara signifikan.
BAB II
Isi
A. Pengelompokan Media Pembelajaran
Media Pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi 7 kelompok yaitu:
1. Media Visual yaitu Media yang menyajikan fakta, ide atau gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan simbol atau gambar.
Terdiri atas:
v Media Grafis, contohnya: grafik, diagram, bagan, sketsa, poster, papan / flanel, bulletin board
v Media Bahan Cetak, contohnya: buku teks, modul, bahan pengajaran terprogram
v Media Gambar Diam, contohnya: foto
2. Media Proyeksi Diam yaitu Media visual (yang dapat diamati dengan indera penglihatan / mata) yang memproyeksikan pesan, dimana hasil proyeksinya tidak bergerak atau hanya memiliki sedikit gerakan.
Terdiri atas: Media OHP dan OHT, Media Opaque Projektor, Media Slide dan Media Filmstrip
3. Media Audio yaitu Media yang penyampaian pesannya hanya dapat diterima oleh indera pendengaran / telinga.
Terdiri atas: Media Radio dan Media Alat Perekam Pita Magnetik atau Kaset Tape Recorder
4. Media Audio Visual Diam yaitu Media yang penyampaian pesannya dapat diterima oleh indera pendengaran dan indera penglihatan, akan tetapi gambar yang dihasilkannya adalah gambar diam atau sedikit memiliki unsur gerak.
Terdiri atas: Media Sound Slide (Slide Suara), Film Strip Bersuara dan Halaman Bersuara
5. Media Film (Motion Pictures) yaitu Serangkaian gambar diam yang meluncur secara cepat dan diproyeksikan sehingga menimbulkan kesan hidup dan bergerak, sehingga film tersebut memberikan kesan impresif / menghibur bagi pemirsanya.
Terdiri atas: Film Bisu, Film Bersuara, Film Gelang yang ujungnya saling bersambungan dan proyeksinya tidak memerlukan penggelapan ruangan
6. Media Televisi yaitu Media yang dapat menampilkan pesan secara audio visual dimana penyampaian pesannya melalui gelombang elektromagnetik dari satu stasiun, kemudian pesan tersebut diterima oleh pemirsa melalui pesawat televisi.
Terdiri atas: Media Televisi Terbuka, Media Televisi Siaran Terbatas dan Media Video Cassete Recorder
7. Multi Media yaitu Suatu sistem penyampaian dengan mengguanakan berbagai jenis bahan belajar yang membentuk suatu unit atau paket.
Contoh: Suatu modul pembelajaran yang terdiri tasa suatu bahan cetak, bahan audio, dan bahan audio visual.
B. BAHAN AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH DASAR
Kelas I (Semester 1)
BAB | MATERI POKOK |
I | Mengenal anggota tubuh, kegunaan, dan cara perawatannya dan mengaplikasikan kebiasaan hidup sehat |
II | Memelihara lingkungan agar tetap sehat dengan merawat tanaman dan hewan, serta membedakan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat |
III | Mengenal benda, ciri, sifat dan kegunaannya |
Kelas I (Semester 2)
BAB | MATERI POKOK |
IV | Mengetahui energi, sumber dan kegunaannya |
V | Mengenal benda langit dan peristiwa alam seperti cuaca dan musim serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia |
Kelas II (Semester 1)
BAB | MATERI POKOK |
I | Mengetahui makhluk hidup dan proses kehidupan (bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan, tempat hidup makhluk hidup, serta peranan hewan dan tumbuhan bagi manusia) |
II | Mengenal wujud dan perubahan wujud benda serta kegunaannya |
Kelas II (Semester 2)
BAB | MATERI POKOK |
III | Mengetahui energi dan perubahannya, sumber-sumber energi, energi yang sering dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari dan cara menghemat energi |
IV | Mengetahui peristiwa alam yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari seperti kenampakan matahari dan kegunaan matahari serta pengaruh matahari bagi bumi |
Kelas III (Semester 1)
BAB | MATERI POKOK |
I | Mengetahui ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup |
II | Mengetahui penggolongan makhluk hidup (penggolongan hewan dan penggolongan tumbuhan) |
III | Mengetahui perubahan pada makhluk hidup meliputi pertumbuhan dan perkembangan manusia, serta pertumbuhan hewan dan tumbuhan |
IV | Mengetahui kesehatan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat dan pengaruhnya bagi kesehatan serta menjaga kesehatan lingkungan sekitar |
V | Mengenal benda, sifat-sifat, perubahan sifat dan kegunaan benda |
Kelas III (Semester 2)
BAB | MATERI POKOK |
VI | Mengenal gerak benda dan energi |
VII | Mengetahui penerapan energi dengan membuat kincir angin sederhana dan cara menghemat energi |
VIII | Mengenal 2 (dua) bentuk permukaan bumi yaitu daratan dan lautan |
IX | Mengenal cuaca dan pengaruhnya terhadap kegiatan manusia dan lingkungan |
X | Mengenal berbagai macam Sumber Daya Alam, cara memelihara dan melestarikan alam |
Kelas IV (Semester 1)
BAB | MATERI POKOK |
I | Mengetahui kerangka dan alat indera manusia |
II | Mengetahui bagian-bagian tubuh tumbuhan (Biji, Akar, Batang, Daun, dan Bunga) |
III | Mengetahui pembagian hewan menurut makanannya (Herbivora, Karnivora, dan Omnivora) |
IV | Mengetahui daur hidup hewan dan cara merawat hewan peliharaan |
V | Mengetahui hubungan khas antar makhluk hidup dan saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungan dan perubahan lingkungan |
VI | Mengetahui benda, sifat benda, perubahan wujud benda dan kegunaannya |
Kelas IV (Semester 2)
BAB | MATERI POKOK |
VII | Mengenal gaya, dan pengaruhnya terhadap gerak benda dan bentuk benda, jenis-jenis gaya pada benda, dan faktor-faktor yang mempengaruhi gerak benda |
VIII | Mengetahui energi, sumber energi panas dan sumber energi bunyi dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari serta penggunaan energi alternatif |
IX | Mengetahui perubahan kenampakan bumi dan benda langit |
X | Mengetahui perubahan lingkungan fisik dan faktor penyebabnya dan pengaruhnya terhadap daratan, dan upaya pencegahan kerusakan lingkungan fisik |
XI | Mengetahui Sumber Daya Alam, jenis, teknologi pengelolaan Sumber Daya Alam, dampak pengambilan bahan alam terhadap lingkungan, pelestarian lingkungan dan daur ulang bahan alam |
Kelas V (Semester 1)
BAB | MATERI POKOK |
I | Mengetahui fungsi organ tubuhpernafasan, pencernaan, dan peredaran darah manusia serta fungsi organ tubuh pernafasan hewan |
II | Mengetahui tumbuhan hijau, fotosintesis, tumbuhan hijau sebagai sumber makanan, kehidupan makhluk hidup tanpa tumbuhan hijau dan memelihara kelestarian tumbuhan hijau |
III | Mengetahui proses penyesuaian diri (cara beradaptasi) hewan dan tumbuhan dengan lingkungannya |
IV | Mengetahui sifat bahan dan struktur penyusun bahan alam |
Kelas V (Semester 2)
BAB | MATERI POKOK |
V | Mengetahui gaya gerak, energi, dan kegunaannya dan pesawat sederhana |
VI | Mengenal cahaya, sifat-sifat cahaya, dan membuat karya sederhana yang menerapkan prinsip sifat-sifat cahaya |
VII | Mengetahui bumi, struktur bumi, air, tanah, dan perubahan alam |
Kelas VI (Semester 1)
BAB | MATERI POKOK |
I | Mengetahui ciri-ciri makhluk hidup (hewan dan tumbuhan) dan lingkungan tempat hidupnya |
II | Mengetahui pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia dan perkembangbiakan hewan, tumbuhan dan manusia |
III | Mengetahui manusia dan kegiatannya yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem, pemanfaatan bagian tubuh hewan dan tumbuhan, serta upaya pelestarian jenis tumbuhan dan hewan dari kepunahan |
IV | Mengetahui sifat hantaran panas benda dan pemanfaatannya |
V | Mengetahui perubahan benda dan faktor penyebabnya, pemilihan, penyesuaian bahan dan pemanfaatannya |
Kelas VI (Semester 2)
BAB | MATERI POKOK |
VI | Mengetahui gaya dan gerak, pengaruh dan pemanfaatan gaya terhadap gerak |
VII | Mengenal listrik, gejala, sumber-sumber energi listrik, rangkaian listrik sederhana, dan penghantar arus listrik |
VIII | Mengetahui energi listrik, perubahan, penghematan dan membuat karya yang memanfaatkan energi listrik |
IX | Mengenal tata surya, matahari, planet-planet dan satelit-satelitnya, benda langit lain, dan peredaran planet-planet beserta benda langit lainnya dalam tata surya |
X | Mengetahui interaksi bumi dengan matahari dan bulan berupa rotasi dan revolusi bumi, revolusi bulan, gerhana matahari dan gerhana bulan serta sistem kalender |
(Hikmati. I, Ismaliyah. D, Astra. I.M, 2008)
C. MENDESAIN MEDIA PEMBELAJARAN
Keberhasilan penggunaan media pembelajaran, tidak terlepas dari bagaimana media tersebut direncanakan dan dirancang dengan baik. Media yang dapat mengubah prilaku siswa (behaviour change), meningkatkan hasil belajar siswa tertentu, tidak dapat berlngsung secara spontanitas, namun harus dianalisis secara komprehensif dengan memperhatikan beberapa aspek, seperti: tujuan pembelajaran, kondisi siswa, fasilitas pendukung dan waktu yang tersedia, serta kemampuan guru untuk menggunakan media pembelajaran tersebut. Hal ini perlu dituangkan dalam sebuah perencanaan pembuatan media pembelajaran sehingga guru mampu merancang media pembelajaran yang baik guna meningkatkan mutu pembelajaran.
Langkah-langkah perancangan media adalah sebagai berikut:
- Identifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa
- Perumusan tujuan instruksional (instructional objective)
- Perumusan butir-butir materi yang terperinci
- Mengembangkan alat pengukur keberhasilan
- Menuliskan naskah media
- Merumuskan instrumen tes dan revisi
(Susilana. P dan Riyana. C, 2007:27)
D. MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN
Kemp dan Dayton, (1985) menyatakan kontribusi media pembelajaran
dalam proses belajar mengajar adalah:
1. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
2. Pembelajaran lebih menarik
3. Pembelajaran lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
4. Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
5. Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
6. Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
7. Sikap positif siswa terhadap materi pelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
8. Peran guru berubah kearah yang lebih positif
Fungsi-fungsi media pembelajaran lainnya:
- Membuat konsep yang abstrak menjadi konkrit
Contoh:
ü Menjelaskan sistem peredaran darah manusia dengan media gambar sederhana
ü Menjelaskan sistem pencernaan makanan manusia dengan media alat peraga torso manusia
- Menghadirkan objek-objek yang terlalu berbahaya atau sukar diperoleh kedalam lingkungan belajar
Contoh:
ü Menjelaskan tentang binatang-binatang buas seperti Singa, Harimau, Beruang dengan media foto
ü Menjelaskan tentang binatang purba yang telah punah seperti Dinosaurus dengan media video cassete
- Menampilkan objek yang terlalu besar atau terlalu kecil
Contoh:
ü Menjelaskan tentang binatang yang terlalu besar seperti Gajah, Jerapah, Unta dengan media poster
ü Menjelaskan tentang virus, bakteri dan protista dengan multimedia yakni media cetak berupa buku teks dan CD pembelajarannya
- Memperlihatkan gerakan yang terlalu cepat atau gerakan yang terlalu lambat
Contoh:
ü Memperlihatkan lintasan peluru, melesatnya anak panah atau suatu peristiwa ledakan dengan media slide power point
ü Memperlihatkan pertumbuhan kecambah, mekarnya bunga dengan media film bersuara
E. PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SEKOLAH DASAR (SD)
Penulisan Garis Besar Program Media (GBPM)
Mata Pelajaran : IPA
Satuan Pendidikan : SD
Kelas : IV
Semester : 1 (Ganjil)
Tujuan Pembelajaran Umum : Siswa dapat mengelompokkan hewan menurut jenis makanannya
Pokok Bahasan : Jenis Makanan Hewan
Sub Pokok Bahasan : Hewan Herbivora
Hewan Karnivora
Hewan Omnivora
Topik : Pengelompokan Hewan menurut makanannya
Tujuan Pembelajaran Khusus | Materi Pokok | Sub Pokok-pokok Materi | Bentuk Penyajian | Daftar Pustaka |
Siswa dapat menjelaskan jenis makanan hewan herbivora | Hewan Herbivora | Defenisi Hewan Herbivora Contoh Hewan Herbivora | Teks dan foto | Hikmati. I, d. k. k. IPA untuk SD, Kelas IV, Yrama Widya, Bandung, 2008 |
Siswa dapat menjelaskan jenis makanan hewan karnivora | Hewan Karnivora | Defenisi Hewan Karnivora Contoh Hewan Karnivora | Teks dan foto | sda |
Siswa dapat menjelaskan jenis makanan hewan omnivora | Hewan Omnivora | Defenisi Hewan Omnivora Contoh Hewan Omnivora | Teks dan foto | sda |
Siswa dapat membedakan sifat-sifat hewan herbivora, karnivora dan omnivora | Sifat-sifat Hewan menurut jenis makanannya | Ciri-ciri hewan menurut makanannya | Teks dan Peta Konsep | sda |
Siswa dapat mengelompokkan hewan peliharaan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari menurut jenis makanannya | Jenis-jenis Makanan Hewan Peliharaan | Klasifikasi Hewan Peliharaan menurut jenis makanannya | Teks dan Peta Konsep | sda |
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
1. Penggunaan media pembelajaran IPA di tingkat SD bukan merupakan fungsi tambahan, tetapi memiliki fungsi tersendiri sebagai sarana bantu untuk mewujudkan mewujudkan situasi pembelajaran IPA yang lebih efektif.
2. Media pembelajaran IPA merupakan salah satu komponen yang tidak dapat berdiri sendiri tetapi saling berhubungan dengan keseluruhan komponen dalam proses pembelajaran IPA guna menciptakan situasi belajar yang diharapkan.
3. Penggunaan media pembelajaran IPA di tingkat SD harus relevan dengan kompetensi yang ingin dicapai dari bahan ajar IPA tersebut.
4. Media pembelajaran IPA bukan berfungsi sebagai alat hiburan, dengan demikian tidak diperbenarkan menggunakan media pembelajaran hanya untuk permainan atau semata-mata hanya memancing perhatian siswa.
5. Media pembelajaran IPA mempermudah siswa Sekolah Dasar dalam menangkap tujuan dan bahan ajar IPA lebih cepat.
6. Media pembelajaran IPA di tingkat SD memperkuat daya ingat siswa sehingga materi pelajaran akan tahan lama dan mengendap dibenak siswa, sehingga kualitas pembelajaran lebih baik dan hasil belajar siswa lebih tinggi.
7. Media pembelajaran IPA di tingkat SD memperjelas pesan / tujuan pembelajaran yang akan disampaikan, sehingga mengurangi terjadinya penyakit verbalisme dalam proses belajar mengajar IPA di tingkat SD.
DAFTAR PUSTAKA
Hikmati. I,dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD / MI. Bandung: Yrama Widya
Susilana. R, dan Riyana. C. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima
NASKAH MEDIA
PETA KONSEP JENIS MAKANAN HEWAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar