Minggu, 04 Desember 2011

Mengembangkan Mata Pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) di Sekolah Dasar dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran


Mengembangkan Mata Pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) di Sekolah Dasar dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran
AGUSTINA SARIWAHYUNI, S. Pd
NIM. 8106142003
BAB I
Pendahuluan
            Pendidikan di tingkat Sekolah Dasar memegang peranan penting untuk menentukan keberhasilan dunia pendidikan di tanah air, karena pendidikan di tingkat satuan pendidikan Sekolah Dasar merupakanfondamen / dasar dari pendidikan itu sendiri. Hal ini dapat dianalogikan dengan sebuah bangunan yang fondasinya tidak kuat, kemudian bangunan tersebut dibangun bertingkat pula, tentu saja bangunan tersebut tidak akan kuat menopang bebannya tersebut dan akhirnya bangunan tersebut akan runtuh. Tentu saja tidak demikian halnya, kita harapkan terjadi pada dunia pendidikan kita.
Upaya pencegahan yang handal untuk mengatasi masalah tersebut adalah membenahi sejak dini pendidikan di tanah air kita, yakni dari tingkat dasarnya yakni tingkat Sekolah Dasar. Adapun konsentrasi yang akan dibahas dalam makalah ini adalah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di tingkat Sekolah Dasar.
Salah satu cara mengembangkan Ilmu Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Alam di tingkat Sekolah Dasar ialah dengan pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai media, ada baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu, defenisi dari kata media tersebut. Media berasal dari bahasa latin (bentuk jamak dari kata medium) yang berarti perantara atau pengantar.
Beberapa pengertian media menurut para ahli, yaitu:
-       Segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk belajar (Miarso, 1989)
-       Teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran (Schram, 1977)
-       Sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual, termasuk perangkat kerasnya (NEA, 1969)
-       Alat untuk memberikan perangsang bagi siswa supaya terjadi proses belajar (Briggs, 1970)
-       Berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang untuk belajar (Gagne, 1970)
-       Alat saluran komunikasi (Heinich, 1993)
Media pembelajaran selalu terdiri atas 2 (dua) unsur penting, untuk penting, yaitu unsur peralatan atau perangkat keras (hardware) dan unsur pesan ayng dibawanya (message / software). Dengan demikian perlu diperhatikan, media pembelajaran memerlukan peralatan untuk menyajikan pesan, namun yang terpenting bukanlah peralatan tersebut, namun pesan / informasi belajar yang dibawakan oleh media tersebut.
Media pembelajaran merupakan wadah dari pesan, materi yang ingin disampaikan adalah proses pembelajaran, dan tujuan yang ingin disampaikan adalah pesan pembelajaran. Penggunaan media secara kreatif akan memperbesar kemungkinan siswa belajar lebih banyak, menyimak apa yang dipelajarinya lebih baik, dan meningkatkan keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Media merupakan alat bantu yang dipergunakan guru yang dipergunakan guru untuk menerangkan pembelajaran, mendorong motivasi belajar, memperjelas dan mempermudah konsep yang abstrak, dan mempertinggi daya serap / retensi dalam belajar.
Media merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran. Melalui media proses pembelajaran bisa lebih menarik dan menyenangkan (joyfull learning). Misalnya siswa yang memiliki ketertarikan terhadap warna maka dapat diberikan media dengan warna yang menarik. Siswa yang suka berkreasi terhadap bentuk atau objek yang diinginkannya, maka dapat diberikan media seperti lilin mainan, balok bangun ruang, atau media gambar lengkap dengan catnya. Dengan media berteknologi seperti komputer, sangat membantu siswa dalam belajar seperti belajar berhitung, belajar membaca, dan memperkaya pengetahuan. (Susilana, R, dan Riyana. C, 2007:24)
Dengan demikian diharapkan dengan pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di tingkat satuan pendidikan Sekolah Dasar, merangsang minat siswa agar lebih tertarik dalam mempelajari IPA sehingga pembelajaran IPA menjadi lebih bermakna dan ilmunya akan tahan lama dalam ingatan siswa dan mengendap secara permanen sehingga hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di tingkat Sekolah Dasar dapat meningkat secara signifikan.  

















BAB II
Isi
A.   Pengelompokan Media Pembelajaran
Media Pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi 7 kelompok yaitu:
1.    Media Visual yaitu Media yang menyajikan fakta, ide atau gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan simbol atau gambar.
Terdiri atas:
v  Media Grafis, contohnya: grafik, diagram, bagan, sketsa, poster, papan / flanel, bulletin board
v  Media Bahan Cetak, contohnya: buku teks, modul, bahan pengajaran terprogram
v  Media Gambar Diam, contohnya: foto
2.    Media Proyeksi Diam yaitu Media visual (yang dapat diamati dengan indera penglihatan / mata) yang memproyeksikan pesan, dimana hasil proyeksinya tidak bergerak atau hanya memiliki sedikit gerakan.
Terdiri atas: Media OHP dan OHT, Media Opaque Projektor, Media Slide dan Media Filmstrip
3.    Media Audio yaitu Media yang penyampaian pesannya hanya dapat diterima oleh indera pendengaran / telinga.
Terdiri atas: Media Radio dan Media Alat Perekam Pita Magnetik atau Kaset Tape Recorder
4.    Media Audio Visual Diam yaitu Media yang penyampaian pesannya dapat diterima oleh indera pendengaran dan indera penglihatan, akan tetapi gambar yang dihasilkannya adalah gambar diam atau sedikit memiliki unsur gerak.
Terdiri atas: Media Sound Slide (Slide Suara), Film Strip Bersuara dan Halaman Bersuara
5.    Media Film (Motion Pictures) yaitu Serangkaian gambar diam yang meluncur secara cepat dan diproyeksikan sehingga menimbulkan kesan hidup dan bergerak, sehingga film tersebut memberikan kesan impresif / menghibur bagi pemirsanya.
Terdiri atas: Film Bisu, Film Bersuara, Film Gelang yang ujungnya saling bersambungan dan proyeksinya tidak memerlukan penggelapan ruangan
6.    Media Televisi yaitu Media yang dapat menampilkan pesan secara audio visual dimana penyampaian pesannya melalui gelombang elektromagnetik dari satu stasiun, kemudian pesan tersebut diterima oleh pemirsa melalui pesawat televisi.
Terdiri atas: Media Televisi Terbuka, Media Televisi Siaran Terbatas dan Media Video Cassete Recorder
7.    Multi Media yaitu Suatu sistem penyampaian dengan mengguanakan berbagai jenis bahan belajar yang membentuk suatu unit atau paket.
Contoh: Suatu modul pembelajaran yang terdiri tasa suatu bahan cetak, bahan audio, dan bahan audio visual.
B.   BAHAN AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH DASAR
Kelas I (Semester 1)

BAB
MATERI POKOK
I
Mengenal anggota tubuh, kegunaan, dan cara perawatannya dan mengaplikasikan kebiasaan hidup sehat
II
Memelihara lingkungan agar tetap sehat dengan merawat tanaman dan hewan, serta membedakan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
III
Mengenal benda, ciri, sifat dan kegunaannya
          
Kelas I (Semester 2)

BAB
MATERI POKOK
IV
Mengetahui energi, sumber dan kegunaannya
V
Mengenal benda langit dan peristiwa alam seperti cuaca dan musim serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia







Kelas II (Semester 1)

BAB
MATERI POKOK
I
Mengetahui makhluk hidup dan proses kehidupan (bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan, tempat hidup makhluk hidup, serta peranan hewan dan tumbuhan bagi manusia)
II
Mengenal wujud dan perubahan wujud benda serta kegunaannya





Kelas II (Semester 2)

BAB
MATERI POKOK
III
Mengetahui energi dan perubahannya, sumber-sumber energi, energi yang sering dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari dan cara menghemat energi
IV
Mengetahui peristiwa alam yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari seperti kenampakan matahari dan kegunaan matahari serta pengaruh matahari bagi bumi

Kelas III (Semester 1)
BAB
MATERI POKOK
I
Mengetahui ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
II
      Mengetahui penggolongan makhluk hidup (penggolongan hewan dan penggolongan tumbuhan)
III
Mengetahui perubahan pada makhluk hidup meliputi pertumbuhan dan perkembangan manusia, serta pertumbuhan hewan dan tumbuhan
IV
Mengetahui kesehatan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat dan pengaruhnya bagi kesehatan serta menjaga kesehatan lingkungan sekitar
V
Mengenal benda, sifat-sifat, perubahan sifat dan kegunaan benda

Kelas III (Semester 2)
BAB
MATERI POKOK
VI
Mengenal gerak benda dan energi
VII
Mengetahui penerapan energi dengan membuat kincir angin sederhana dan cara menghemat energi
VIII
Mengenal 2 (dua) bentuk permukaan bumi yaitu daratan dan lautan

IX
Mengenal cuaca dan pengaruhnya terhadap kegiatan manusia dan lingkungan
X
Mengenal berbagai macam Sumber Daya Alam, cara memelihara dan melestarikan alam

Kelas IV (Semester 1)
BAB
MATERI POKOK
I
Mengetahui kerangka dan alat indera manusia
II
Mengetahui bagian-bagian tubuh tumbuhan (Biji, Akar, Batang, Daun, dan Bunga)
III
Mengetahui pembagian hewan menurut makanannya (Herbivora, Karnivora, dan Omnivora)
IV
Mengetahui daur hidup hewan dan cara merawat hewan peliharaan
V
Mengetahui hubungan khas antar makhluk hidup dan saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungan dan perubahan lingkungan
VI
Mengetahui benda, sifat benda, perubahan wujud benda dan kegunaannya

Kelas IV (Semester 2)
BAB
MATERI POKOK
VII
Mengenal gaya, dan pengaruhnya terhadap gerak benda dan bentuk benda, jenis-jenis gaya   pada benda, dan faktor-faktor yang mempengaruhi gerak benda
VIII
Mengetahui energi, sumber energi panas dan sumber energi bunyi dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari serta penggunaan energi alternatif
IX
Mengetahui perubahan kenampakan bumi dan benda langit
X
Mengetahui perubahan lingkungan fisik dan faktor penyebabnya dan pengaruhnya terhadap daratan, dan upaya pencegahan kerusakan lingkungan fisik
XI
Mengetahui Sumber Daya Alam, jenis, teknologi pengelolaan Sumber Daya Alam, dampak pengambilan bahan alam terhadap lingkungan, pelestarian lingkungan dan daur ulang bahan alam

Kelas V (Semester 1)
BAB
MATERI POKOK
I
Mengetahui fungsi organ tubuhpernafasan, pencernaan, dan peredaran darah manusia serta fungsi organ tubuh pernafasan hewan
II
Mengetahui tumbuhan hijau, fotosintesis, tumbuhan hijau sebagai sumber makanan, kehidupan makhluk hidup tanpa tumbuhan hijau  dan memelihara kelestarian tumbuhan hijau
III
Mengetahui proses penyesuaian diri (cara beradaptasi) hewan dan tumbuhan dengan lingkungannya
IV
Mengetahui sifat bahan dan struktur penyusun bahan alam

Kelas V (Semester 2)
BAB
MATERI POKOK
V
Mengetahui gaya gerak, energi, dan kegunaannya dan pesawat sederhana
VI
Mengenal cahaya, sifat-sifat cahaya, dan membuat karya sederhana yang menerapkan prinsip sifat-sifat cahaya
VII
Mengetahui bumi, struktur bumi, air, tanah, dan perubahan alam

Kelas VI (Semester 1)
BAB
MATERI POKOK
I
Mengetahui ciri-ciri makhluk hidup (hewan dan tumbuhan) dan lingkungan tempat hidupnya

II
 Mengetahui pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia dan perkembangbiakan hewan, tumbuhan dan manusia
III
Mengetahui manusia dan kegiatannya yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem, pemanfaatan bagian tubuh hewan dan tumbuhan, serta upaya pelestarian jenis tumbuhan dan hewan dari kepunahan
IV
Mengetahui sifat hantaran panas benda dan pemanfaatannya
V
Mengetahui perubahan benda dan faktor penyebabnya, pemilihan, penyesuaian bahan dan pemanfaatannya

Kelas VI (Semester 2)
BAB
MATERI POKOK
VI
Mengetahui gaya dan gerak, pengaruh dan pemanfaatan gaya terhadap gerak
VII
Mengenal listrik, gejala, sumber-sumber energi listrik, rangkaian listrik sederhana, dan penghantar arus listrik
VIII
Mengetahui energi listrik, perubahan, penghematan dan membuat karya yang memanfaatkan energi listrik
IX
Mengenal tata surya, matahari, planet-planet dan satelit-satelitnya, benda langit lain, dan peredaran planet-planet beserta benda langit lainnya dalam tata surya
X
Mengetahui interaksi bumi dengan matahari dan bulan berupa rotasi dan revolusi bumi, revolusi bulan, gerhana matahari dan gerhana bulan serta sistem kalender

(Hikmati. I, Ismaliyah. D, Astra. I.M, 2008)
C.   MENDESAIN MEDIA PEMBELAJARAN
Keberhasilan penggunaan media pembelajaran, tidak terlepas dari bagaimana media tersebut direncanakan dan dirancang dengan baik. Media yang dapat mengubah prilaku siswa (behaviour change), meningkatkan hasil belajar siswa tertentu, tidak dapat berlngsung secara spontanitas, namun harus dianalisis secara komprehensif dengan memperhatikan beberapa aspek, seperti: tujuan pembelajaran, kondisi siswa, fasilitas pendukung dan waktu yang tersedia, serta kemampuan guru untuk menggunakan media pembelajaran tersebut. Hal ini perlu dituangkan dalam sebuah perencanaan pembuatan media pembelajaran sehingga guru mampu merancang media pembelajaran yang baik guna meningkatkan mutu pembelajaran.
Langkah-langkah perancangan media adalah sebagai berikut:
  1. Identifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa
  2. Perumusan tujuan instruksional (instructional objective)
  3. Perumusan butir-butir materi yang terperinci
  4. Mengembangkan alat pengukur keberhasilan
  5. Menuliskan naskah media
  6. Merumuskan instrumen tes dan revisi
(Susilana. P dan Riyana. C, 2007:27)
D.   MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN
Kemp dan Dayton, (1985) menyatakan kontribusi media pembelajaran
          dalam proses belajar mengajar adalah:
1.    Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
2.    Pembelajaran lebih menarik
3.    Pembelajaran lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
4.    Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
5.    Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
6.    Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
7.    Sikap positif siswa terhadap materi pelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
8.    Peran guru berubah kearah yang lebih positif
Fungsi-fungsi media pembelajaran lainnya:
-       Membuat konsep yang abstrak menjadi konkrit
Contoh:
ü  Menjelaskan sistem peredaran darah manusia dengan media gambar sederhana
ü  Menjelaskan sistem pencernaan makanan manusia dengan media alat peraga torso manusia
-            Menghadirkan objek-objek yang terlalu berbahaya atau sukar diperoleh          kedalam lingkungan belajar
Contoh:
ü  Menjelaskan tentang binatang-binatang buas seperti Singa, Harimau, Beruang dengan media foto
ü  Menjelaskan tentang binatang purba yang telah punah seperti Dinosaurus dengan media video cassete
-       Menampilkan objek yang terlalu besar atau terlalu kecil
Contoh:
ü  Menjelaskan tentang binatang yang terlalu besar seperti Gajah, Jerapah, Unta dengan media poster
ü  Menjelaskan tentang virus, bakteri dan protista dengan multimedia yakni media cetak berupa buku teks dan CD pembelajarannya
-       Memperlihatkan gerakan yang terlalu cepat atau gerakan yang terlalu lambat
Contoh:
ü  Memperlihatkan lintasan peluru, melesatnya anak panah atau suatu peristiwa ledakan dengan media slide power point
ü  Memperlihatkan pertumbuhan kecambah, mekarnya bunga dengan media film bersuara







E.    PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SEKOLAH DASAR (SD)
Penulisan Garis Besar Program Media (GBPM)
Mata Pelajaran                           : IPA
Satuan Pendidikan                   : SD
Kelas                                            : IV
Semester                                     : 1 (Ganjil)
     Tujuan Pembelajaran Umum   : Siswa dapat mengelompokkan hewan       menurut jenis makanannya
                Pokok Bahasan                           : Jenis Makanan Hewan
                Sub Pokok Bahasan                   : Hewan Herbivora
                                                                          Hewan Karnivora
                                                                          Hewan Omnivora
Topik                                                : Pengelompokan Hewan menurut                    makanannya
Tujuan Pembelajaran Khusus
Materi Pokok
Sub Pokok-pokok Materi
Bentuk Penyajian
Daftar Pustaka
Siswa dapat menjelaskan jenis makanan hewan herbivora
Hewan Herbivora
Defenisi Hewan Herbivora
Contoh Hewan Herbivora
Teks dan foto
Hikmati. I, d. k. k.
IPA untuk SD,     Kelas IV, Yrama Widya, Bandung, 2008
Siswa dapat menjelaskan jenis makanan hewan karnivora
Hewan Karnivora
Defenisi Hewan Karnivora
Contoh Hewan Karnivora

Teks dan foto
sda
Siswa dapat menjelaskan jenis makanan hewan omnivora
Hewan Omnivora
Defenisi Hewan Omnivora
Contoh Hewan Omnivora
Teks dan foto
sda
Siswa dapat membedakan sifat-sifat hewan herbivora, karnivora dan omnivora
Sifat-sifat Hewan menurut jenis makanannya
Ciri-ciri hewan menurut makanannya
Teks dan Peta Konsep
sda
Siswa dapat mengelompokkan hewan peliharaan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari menurut jenis makanannya
Jenis-jenis Makanan Hewan Peliharaan
Klasifikasi Hewan Peliharaan menurut jenis makanannya
Teks dan Peta Konsep
sda
















BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
1.    Penggunaan media pembelajaran IPA di tingkat SD bukan merupakan fungsi tambahan, tetapi memiliki fungsi tersendiri sebagai sarana bantu untuk mewujudkan mewujudkan situasi pembelajaran IPA yang lebih efektif.
2.    Media pembelajaran IPA merupakan salah satu komponen yang tidak dapat berdiri sendiri tetapi saling berhubungan dengan keseluruhan komponen dalam proses pembelajaran IPA guna menciptakan situasi belajar yang diharapkan.
3.    Penggunaan media pembelajaran IPA di tingkat SD harus relevan dengan kompetensi yang ingin dicapai dari bahan ajar IPA tersebut.
4.    Media pembelajaran IPA bukan berfungsi sebagai alat hiburan, dengan demikian tidak diperbenarkan menggunakan media pembelajaran hanya untuk permainan atau semata-mata hanya memancing perhatian siswa.
5.    Media pembelajaran IPA mempermudah siswa Sekolah Dasar dalam menangkap tujuan dan bahan ajar IPA lebih cepat.
6.    Media pembelajaran IPA di tingkat SD memperkuat daya ingat siswa sehingga materi pelajaran akan tahan lama dan mengendap dibenak siswa, sehingga kualitas pembelajaran lebih baik dan hasil belajar siswa lebih tinggi.
7.    Media pembelajaran IPA di tingkat SD memperjelas pesan / tujuan pembelajaran yang akan disampaikan, sehingga mengurangi terjadinya penyakit verbalisme dalam proses belajar mengajar IPA di tingkat SD.








DAFTAR PUSTAKA
Hikmati. I,dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD / MI. Bandung: Yrama Widya
Susilana. R, dan Riyana. C. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima




























                                                            NASKAH MEDIA
PETA KONSEP JENIS MAKANAN HEWAN
Cloud Callout: By:
AGUSTINA SARIWAHYUNI
NIM: 8106142003
Explosion 2: HEWAN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar