Senin, 05 Desember 2011

RENCANA KERJA LABORATORIUM KIMIA SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI


Metode Penyusunan Rencana Kerja  Laboratorium Kimia
SMA Negeri 1 Tebing Tinggi
oleh:
TIM GMP KIMIA

*    Tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kimia  telah menyusun buku penuntun praktikum Kimia untuk kalangan sendiri bagi tiap kelas X, XI dan XII Program IPA, serta membuat permohonan bahan-bahan yang akan dipakai dan daftar alat yang akan dipakai pada setiap praktikum yang akan dilaksanakan kepada tenaga laboran Kimia.
*    Tim Musyawarah Guru mata Pelajaran Kimia mendiskusikan alat dan bahan yang dibutuhkan, atau yang telah habis terpakai guna keberlanjutan keberlangsungan praktikum Kimia.
*    Kepala Laboratorium melaporkan hasil diskusi kepada laboran Kimia,  PKS 3 dan Kepala Sekolah.
*    Kepala Laboratorium Kimia, tenaga laboran Kimia bekerja sama dengan PKS 1 mengatur jadwal pemakaian Laboratorium dalam satu semester.
*    Kepala laboratorium membuat pembagian kerja dengan tenaga laboran Kimia sebagai pembantu pelaksanaan praktikum.
Sistem Monitoring Dan Evaluasi Laboratorium IPA
SMA Negeri 1 Tebing Tinggi
*  Setiap tiga bulan tenaga laboran membuat laporan kepada kepala laboratorium tentang keadaan bahan dan barang yang ingin dipergunakan.
*  Enam bulan sekali kepala laboratorium melaporkan kepada kepala sekolah, atau PKS 1 tentang alat dan bahan yang terpakai dan yang rusak serta melaporkan perkembangan pelaksanaan praktikum yang sudah berlangsung.

*  Tanpa terjadwal Kepala sekolah ataupun wakil kepala sekolah dapat memonitoring perlangsung praktikum dan melihat keadaan barang ataupun bahan yang ada di laboratorium.
Kendala-Kendala Penerapan Manajemen
Di Laboratorium Kimia SMA Negeri 1 Tebing Tinggi
*  Karena Ruangan Laboratorium Kimia sementara yang akan memakai ruangan setiap minggunya ada 21 kelas yang ingin memakai ruangan praktikum sementara setiap minggunya yang bisa masuk ke dalam laboratorium hanya 17 kelas perminggunya oleh karena itu tidak semua kelas dapat mengadakan praktikum tiap minggunya.
*    Dengan keadaan alat dan bahan yang masih terbatas dan masih banyak kekurangan maka terdapat kemungkinanapraktikum yang telah diajukan oleh guru tidak dapat untuk dilaksanakan.
*    Segala sesuatu yang telah dijadwalkan oleh pihak sekolah untuk kegiatan di laboratorium dapat terkendala dikarenakan
Ø Pada saat jadwal yang telah ditentukan terdapat kegiatan sekolah yang dapat membatalkan terlaksananya praktikum misalnya adanya rapat dewan guru, perayaan hari besar agama, perayaan hari besar nasional dan kegitan-kegiatan sekolah yang lainnya
Ø Pada saat jadwal yang telah ditentukan terdapat halangan pada guru mata pelajaran dikarenakan guru mata pelajaran tersebut sakit atau mendapat tugas lain yang diberikan oleh pihak sekolah atau adanya kegiatan guru yang lain sehingga tidak dapat memberikan praktikum pada siswa.




TATA RUANG LABORATORIUM KIMIA
SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI
 












Keterangan :f
A       = Ruangan Administrasi dan Persiapan alat dan Bahan
B       = Ruangan Penyimpanan Alat dan Bahan
C       = Ruangan Pelaksanaan Praktikum
D       = Meja Tempat Tas / Buku Siswa
E       = Lemari Peyimpanan Baju Praktikum
F       = Wastapel Pencucian Alat
G       = Meja Guru
H       = Papan Tulis
//       = Pintu
          = Lemari                                  = Meja Siswa
           
= Kursi
A. Dari gambar  diketahui bahwa laboratorium di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi belumlah memenuhi standart alasannya adalah :
*    Tidak terdapat pintu masuk dan pintu keluar hanya terdapat satu pintu untuk keluar dan masuk, tidak terdapat pintu darurat untuk mengantisipasi jika terjadi kecelakaan atau sesuatu yang tidak diinginkan.
*    Tidak terdapat pembagian laboratorium sesuai dengan bidang masing-masing seperti bidang biologi, fisika dan kimia di sini masih digabung menjadi satu sehingga tidak maksimal atau tidak standart untuk ukuran praqktikum yang berbeda-beda.
*    Tidak terdapat pemisahan untuk penyimpanan zat-zat kimia, penyimpanan masih dipisahkan pada bidang masing-masing seperti fisika satu lemari, biologi satu lemari dan kimia juga satu lemari sementara bahan-bahan kimia saja seharusnya dipisahkan penyimpanannya berdasarkian sfesifikasinya.
*    Tidak terdapat pembuangan limbah yang terpisah, masih satu tempat pembuangan limbah, jadi pembuangan limbah belum dipisahkan berdasarkan jenis limbahnya seperti :
o   Limbah untuk jenis sampah
o   Limbah untuk jenis bahan kimia yang beracun
o   Limbah kimia kering
o   Limbah bahan yang berasal dari mahluk hidup seperti dari bangkai binatang dari prsaktikum biologi.


B. Tata Ruang yang ada di laboratorium Kimia SMA Negeri 1 Tebing Tinggi sudah memenuhi syarat minimum dengan alasan :
*    Sudah memiliki lokasi tersendiri yang terpisah dari ruang belajar yang lain, dengan keadaan yang baik dari segi bangunan yang sudah permanent, dengan jaringan listrik sendiri dan air yang sudah baik.
*    Sudah memiliki Pintu, jendela, dan ventilasi walaupun belum standart.
*    Sudah memiliki laboratorium Benches walaupun belum lengkap dan standart.
*    Sudah memiliki dinding, atap dan langit-langit yang sudah standart.
*    Sudah memiliki Sanitasi  dan kebersihan walaupun belum sesuai dengan yang diinginkan ataupun belum sesuai dengan ukuran yang standart.

C. Adapun kendala-kendala Pemenuhan Infrastruktur di laboratorium SMA negeriNegeri 1 Tebing Tinggi adalah :
*    Ruang yang dibangun tidak disesuaikan dengan permintaan yaitu sesuai dengan kebutuhan praktikum tetapi disesuikan dengan keinginan kontraktor bangunan yang menangani bangunan tersebut.
*    Pengadaan bahan dan alat dari pemerintah tidak sesuai dengan yang diharapkan sementara pengadaan bahan dan barang dari pihak komite sekolah harus disesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada sehingga tidak dapat memnuhi keinginan, sementara itu kebutuhan untuk praktikum sangat besar dananya sehingga kadang tidak memungkinkan untuk pengadaan barang dan bahan tertentu dalam pelaksanaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar